twitter

25 November 2012

Tips Aman Berkendara Motor Saat Musim Hujan

Oke sobat, sudah terasa bagi kita bahwa sekarang ini sedang musim hujan dan waktu libur akan segera tiba. Umumnya nih bagi sobat sobat yang mempunyai hobby touring dan pecinta keindahan alam, kita harus berjaga-jaga dan mempersiapkan kendaraan yang ingin dipakai untuk ke tujuan sobat yang akan dikunjungi agar selamat sampai tujuan dengan mengendarai motor, apalagi untuk perjalanan jauh, tentu perlu persiapan untuk mengantisipasi datangnya hujan yang bisa turun tiba-tiba, ada peribahasa Sedia payung sebelum hujan. Nah, apa saja persiapan yang perlu dilakukan bagi sobat-sobat untuk mengantisipasi hujan dan kecelakaan? Berikut beberapa tips yang mungkin berguna dari saya.

  • Niatkan diri untuk melakukan hal yang positif.
Disini sobat harus berfikir bahwasannya jika sobat ingin melakukan hal yang positif, maka Allah S.W.T akan meridhoi sobat melakukan hal tersebut. Jika dari niat sobat untuk melakukan sesuatu sudah buruk, Insya allah Allah S.W.T tidak meridhoi apa yang akan dilakukan oleh sobat dan alhasil sobat malah terkena musibah.
  • Periksa ban
Ban bisa dikatakan termasuk sebagai organ yang juga penting, jika ban sobat bocor, terpaksa dengan berat hati sobat sobat sekalian menuntunnya sampai menemukan bengkel tambal ban. Maka dari itu, sebelum berangkat sobat harus memperhatikan bannya layak dipakai atau tidak, jangan sampai sobat memakai ban yang sudah gundul, itu akan membuat suatu kecelakaan.
  • Pakai helm berstandar SNI
Nah, helm juga sangat fatal bagi sobat sobat. Kita tau bahwa helm disini berguna untuk menjaga kepala kita untuk tidak mengalami benturan. Saran dari saya sih sebaiknya jika sobat berkendaraan jauh memaik helm Full Face, karena itu akan lebih memproteksi kepala sobat.
  • Memakai pakaian tebal dan lengkap
Sangat berguna bagi keamanan dan kenyamanan sobat saat berkendara untuk membatasi angin tidak masuk ke tubuh. Selain itu, pakaian yang tebal juga bisa sedikit menjaga tubuh sobat apabila sobat mengalami suatu kecelakaan.
  • Membawa perlengkapan anti hujan
Nah, disini juga sobat sobat jangan lupa untuk membawa perlengkapan anti hujan. Jangan sampai sobat sobat kehujanan basah kuyup di perjalan. Dan sebaiknya jika sobat sobat sedang di perjalanan lalu hujan besar, menyisilah ke tempat-tempat yang teduh, dan alangkah baiknya sobat mengunjungi kedai-kedai yang menyediakan santapan hangat.
  • Cek berkala bensin
Selain ban bocor, hal ini juga yang paling dibenci sama para pengendara motor. Mengapa? karena tak jarang banyak para pengendara motor menuntun/mendorong motornya karena kehabisan bensin. Hal ini sebaiknya juga harus sobat antisipasikan, supaya  sobat tidak mengalaminya disaat berkendara.
  • Berdo'a sebelum berpergian
Alangkah baiknya jika sobat sobat berdo'a terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan agar dimudahkan dan diberi keselamatan oleh Allah S.W.T.

Nah itulah tips dari saya untuk para sobat sobat yang ingin berkendara dengan motor, semoga bermanfaat bagi sobat sobat. Terimakasih :).


by: [HIN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar ya. . . ;)